Sabtu, 26 Januari 2008

Membuat Miniatur Kapal Perang Sederhana dari Kertas

Pernahkah Anda melihat miniatur seperti kapal layar, kapal perang, pesawat terbang, rumah, dan lain-lain? Apa Anda suka miniatur? Miniaturnya terbuat dari bahan khusus untuk pembuatan miniatur. Harga penjualan miniatur sekitar sejuta – tiga juta rupiah. Wah, mahal! Menurutku, harga tiga jutaan itu terlalu mahal hampir sama dengan harga ponsel. Saya tidak tahu kenapa miniatur dijual mahal? Mungkin bahan-bahan khusus untuk miniatur mahal juga peralatan untuk pembuatan miniatur. Sebenarnya miniatur kesukaan saya adalah kapal perang. Tetapi, saya tidak sanggup membeli miniatur kapal perang asli seharga 2,8 juta rupiah (311,11 dollar) dengan uang sendiri. Jadi, saya membuat miniatur sendiri saja sebagai alternatif. Selain itu, saya ingin mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana membuat miniatur sendiri. Untuk membuat miniatur, Saya membutuhkan bahan dan peralatan untuk pembuatan miniatur dibeli sekitar Rp. 45.000,- (5 dollar) jadi lebih hemat. Membuat miniatur itu hobi baru bagi saya.

Tentang miniatur buatan saya
Saya coba membuat miniatur kapal perang itu mirip dengan kapal perang TNI AL KRI Diponegoro tetapi ada yang diubah dengan menambahkan sesuatu baru pada miniatur kapal perang itu, seperti antena, meriam dan roket. Dalam pembuatan miniatur kapal perang, ukuran panjang miniatur 24,5 cm dan lebar 7,5 cm. Pada kenyataannya, kapal perang KRI Diponegoro hanya mempunyai satu meriam di depan, di belakang anjungan ada tempat pendaratan helikopter, dan antena pada menara. Hal itu yang saya ubah baik dibuang, dan ditambahkan. Dalam pembuatan miniatur, saya membuang tempat pendaratan helikopter dan menggantinya dengan tempat meriam. Saya menambahkan dua meriam dan dua roket antiudara. Satu meriam di depan dan satu meriam di belakang itu ditempatkan di tempat (bekas tempat pendaratan helikopter). Dua tempat roket ditempatkan di dek kapal perang sebelah kanan-kiri. Ini akan membuat kapal perang terlihat gagah dan tangguh. Miniatur kapal perang itu diberi nama Corvette-Advanced dan untuk TNI AL, beri nama 357-KRI Sriwijaya. Pantas tidak?

Bahan dan peralatan untuk membuat miniatur
Sebenarnya saya bukan ahli pembuat miniatur professional melainkan hanya sebagai pemula karena saya tidak tahu bahan dan peralatan apa khusus untuk miniatur. Saya cuma memakai bahan dan peralatan sederhana dan murah tapi dianggap layak untuk dipakai membuat miniatur. Bahan yang layak dipakai adalah kertas duplek, dan peralatan dalam pembuatan miniatur adalah lem putih FOX, gunting, cutter, bambu runcing kecil, cat (tiga warna: abu-abu, hitam, dan putih), dan kuas kecil.

Bagaimana cara membuat miniatur dengan kertas?
Sebelum mulai membuat miniatur, lebih dulu membuat beberapa bentuk gambar kapal perang seperti denah rumah. Lihat contoh gambar ini!


Gambar 1.


Gambar 2.


Gambar 3


Gambar 4

Gambar seperti di atas, itulah dek-dek, anjungan, menara telekomunikasi, alat-alat senjata, dan lainnya yang diperlukan untuk miniatur kapal perang. Itu yang saya buat dengan mengunakan komputer. Kalau menggunakan manual (dengan tangan) untuk menggambarkan bentuk kapal perang, inilah yang akan memakan waktu lama beberapa hari. Hal ini saya lebih baik menggunakan komputer daripada manual agar waktu membuat bentuknya bisa lebih singkat dan cepat. Bentuk gambar kapal perang saya buat dengan software Corel Draw bukan AutoCAD karena saya belum bisa mempelajari dan menguasai software AutoCAD itu. Jadi, saya lebih memilih Corel Draw daripada AutoCAD karena saya hanya membuat garis-garis saja. Saya dapat menggambarkan bentuk kapal perang dengan garis-garis seperti gambar di atas dibantu garis pandu (guidelines). Beberapa bentuk kapal perang dibuat itu mirip seperti membuat bentuk luas kubus, digunting dan dilipat menjadi bentuk kubus 3D. Jarak dan ukuran bagian- bagian bentuk kapal perang dibuat harus sama dan benar agar bentuk kapal perang dapat dilipat dan dibentuk tepat dan benar. Setelah bentuknya dibuat, di-print out hitam-putih dengan kertas HVS saja. Setelah bentuknya sudah digunting di kertas HVS, lalu ditempel di atas kertas duplek lalu digunting lagi. Setelah digunting, dilipat, dilem (sampai dibentuk), ditempel dan dipasang (di atas dek/anjungan) sampai bentuk miniatur sudah jadi.

Bahan lain
Selain kertas duplek, ada bahan lain yang dapat dipilih dalam pembuatan miniature, antara lain:
1. Permukaan kertas bukan kertas duplek, harus halus, kuat, dan tebal seperti, glossy.
2. Plat aluminium yang ketebalan tidak terlalu tebal tetapi hanya tipis mudah untuk dipotong.

Cara merawat miniatur dengan baik
Setelah miniatur dibuat selesai, ada hal yang diperhatikan, yaitu merawat miniatur. Jika tidak merawat miniatur, miniature akan mudah terkena debu sukar dibersihkan. Apalagi miniature juga bisa mudah rusak seperti diinjakkan, dimainkan oleh anak-anak balita, diremas dan lain-lain. Untuk menghindarinya, tetap rajin memeriksa miniatur, memasukkan miniatur di dalam kotak yang sisi-sisi ditutupi kaca agar dapat dilihat, dan meletakkannya di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak apabila Anda tidak ingin anak-anak menyentuhnya. Jika Anda tidak menginginkan miniatur lagi, Anda boleh memberi miniature sebagai mainan kepada anak-anak balita.

Rencana membuat miniatur lain
Pada nanti suatu hari saya akan berencana membuat miniatur lagi yaitu miniatur helikopter masa depan. Selain itu, juga membuat miniatur lain adalah miniatur kapal perang lebih besar dan panjang daripada miniatur KRI Sriwijaya buatan saya. Saya akan menambahkan banyak alat persenjataan, seperti meriam, rudal, roket anti-udara, dan bom anti-kapal selam, dan juga menambahkan satu tempat pendaratan helikopter. Miniatur kapal perang disebut Heavy Cruiser. Pantas tidak? Ini pasti sulit dan tantangan bagi saya!

Berilah komentar Anda!
Bagaimana menurut pendapat Anda mengenai miniatur buatan saya itu? Jika Anda punya saran dan kritik tentang miniatur buatan saya, boleh silakan.. Saya senang hati terima saran dan kritik yang disampaikan Anda.

14 komentar:

Anonim mengatakan...

Miniatur kapal perang sederhana dari kertas itu memang masuk akal tapi sangat cocok untuk anak-anak. Menurut saya, kamu pintar mendesain itu, saya pun kagum....

tRi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum...

Wah, de isyah baru lihat blog mas membuat de isyah kagum...
Selama membaca, ada kurang menarik. Menurutku,mas pintar dan punya ide kreatif dengan baik dalam membuat miniatur sebelumnya. dalam blognya, tulisan kurang rapi dan fotonya gelap dan tidak jelas.
De isyah kasih beberapa saran,
-harus mengklik foto yang harus terang dan jangkauan dekat biar jelas.
-mengklik foto yang depan, belakang, samping kiri dan samping kanan biar tahu dan jelas dalam cara membuatnya.
-tulisannya harus rata dengan justfield biar rapi dan bagus.
-dalam mengenai mas, harus ada foto mas biar orang tahu mas pembuat dan juga bisa terkenal.
Jujur saja, de isyah kaget dan benar-benar salut ketika melihat miniatur mas secara langsung. De isyah yakin pasti banyak tertarik membuat kapal yang sama mas buat untuk koleksi yang dibuat...
Menurutku, miniatur kapal mas bagus dan bisa bermanfaat untuk memberi contoh pada perusahaan kapal agar tertarik dan bisa membuat kapal besar yang sama dan mirip. Lihat banyak membuat miniatur kapal terbang, bis trans dll sangat mirip seperti garuda dan bis PD di TV yang kulihat.

Sudah cukup, semoga komentarku dapat bermanfaat buat mas. Good Luck!!! ^_^


Wassalam,

Siti Aisyah

ihza mengatakan...

Ya, pintar sekali kamu, lainnya dong!

TENTANG AKU mengatakan...

aku hanya bisa berkata perfecto tolong jawabanya dikirim ke http://die-castku.blogspot.com juga bisa gabung disitusku

Anonim mengatakan...

Thank's very much ya!

Insya'allah dengan ini bisa menjadi cara menambah uang saku.

Anonim mengatakan...

Alhamdullilah, sekarang mas bisa liat hasil kerjaan dani, sarannyanya: 1. Foto Kapal kalo bisa dibuat bisa di download.
2. bikin agak terang
3. Foto dani ditampilkan boleh juga.
Selamat ya, Sukses.
Wasalam

adul hallud mengatakan...

terima kasih tas ilmu y,,,
da lgi nga yang lain?

vickimaru mengatakan...

bagus, sungguh kreatif. membuat orang ingin punya kemampuan seperti itu.

Anonim mengatakan...

bagaimana cara memasangnya

Blog Ezra mengatakan...

bagus

sunu mengatakan...

om, aku donlot punyamu yah. Trus saya mau modif dikit di dek paling bawah di tambahin ruang mesin n propeler.

Anonim mengatakan...

gambar 1 diperjelas dong pengertiannya aku bingung nih!!!

jalasena mengatakan...

assalamualikum,mhn petunjuk dong,sya mau menghias sepeda miniuntk 17 san dengan modifkasi kapal perang,trims